Rapat Koordinasi Satuan Petugas PMK Kabupaten Kaur

Keterangan Gambar : Suasana Ruang Rapat Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Kaur Membahas Tentang PMK


distan.kaurkab.go.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Kaur mengadakan pertemuan Rapat koordinasi bersama Tim Satgas PMK yang dipimpin oleh ketua Satuan tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Kaur Bapak Dr. Drs. Ersan Syahfiri, MM.

Pertemuan ini dihadiri oleh Tim Satuan Petugas (Satgas) Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yaitu Kapolsek Kaur sebagai Wakil Ketua I, Dandim 0408 BS-KAUR sebagai Wakil Ketua II dan Kepala Kejaksaan Negeri Kaur sebagai Wakil III beserta anggota yaitu Kepala Dinas (Kadis) Pertanian, Kadis Kesehatan, Kadis Kominfo, statistik dan persandian, Kadis Perhubungan, Kadis Pol PP, Kadis BPBD dan Ketua PDHI Provinsi Bengkulu. Kegiatan Rapat ini dilaksanakan di Aula Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Kaur. 

Rapat koordinasi dilakukan untuk membahas tentang langkah-langkah kedepannya untuk pencegahan dan penangan kasus PMK pada hewan ternak di Kabupaten Kaur. 

PMK atau dikenal juga sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) dan Apthtae Epizooticae adalah penyakit hewan menular bersifat akut yang disebabkan virus.

Hasil Rapat Koordinasi Satgas PMK perlu melakukan langkah-langkah yaitu pemeriksaan data lapangan untuk memastikan hewan yang terkena wabah PMK, selanjutnya kepala daerah akan menyatakan kedarurat daerah karena wabah berdasarkan data jumlah ternak terdampak wabah PMK dengan surat edaran untuk pembatasan lalu lintas ternak agar dikandangkan di setiap batas daerah, pembuatan SK tim Vaksinasi, Rancangan Biaya untuk mengajukan Belanja Tidak terduga ke BPKAD dan jadwal vaksinasi tiap kecamatan sekaligus sosialisasi oleh kepala daerah, pengaktifkan posko check point tiap batas daerah, Vaksinansi menyeluruh Kabupaten Kaur, pemantauan bantuan obat dan vaksin dari provinsi dan terakhir dalam penetapan wabah PMK diperlukannya bukti dan alat untuk mendukung diagnosa seperti Rapid test positif dan pemeriksaan laboratorium (Selasa, 26 Juli 2022).

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.